Wujudkan Keluarga Sehat Dengan Adanya Taman Rumah

Tanaman menjadi salah satu media yang akhir-akhir ini menjadi favorit banyak orang. Beberapa tanaman yang ada di taman rumah sangat bermanfaat bagi penghuni rumah. Ukuran taman ada di rumah juga bervariasi tergantung dari besarnya lahan rumah yang kosong. Namun, taman tidak hanya bisa dimiliki untuk hunian dengan lahan yang luas. Anda yang memiliki hunian tidak seberapa luas atau minimalis juga dapat mempunyai taman di area rumah Anda.

Selain tentunya untuk mempercantik dekorasi ruangan, ternyata taman sederhana yang ada di rumah juga memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Kira-kira, apa saja manfaat taman kecil yang bisa Anda rasakan dari adanya taman di area rumah Anda?

Walaupun ukurannya tidak terlalu luas, tapi taman kecil juga dapat menjadi alternatif untuk Anda yang memiliki hobbi berkebun. Lewat media tanaman, Anda juga bisa meningkatkan kesehatan Anda sendiri dan keluarga. Simak yuk beberapa manfaat taman kecil jika Anda memilikinya di rumah.

  1. Meningkatkan kualitas udara

Tidak dapat dipungkiri jika tanaman berfungsi untuk memperbaiki kadar oksigen di area rumah Anda. Begitu juga dengan taman kecil yang dapat meningkatkan kualitas udara agar menjadi lebih segar dan area rumah pun menjadi terasa sejuk . Tumbuhan yang Anda tanam di taman Anda dapat berfungsi untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

Udara yang segar dan sehat tentu sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Pikiran akan menjadi lebih segar dan paru-paru juga jadi semakin sehat.

  1. Mengurangi stres

Taman kecil yang ada di area rumah Anda juga dapat meredakan stres yang berkepanjangan akibat dari aktivitas sehari-hari yang monoton. Meski stres mereda secara perlahan, tapi prosesnya pasti. Seperti yang dilansir dari laman Health Line, tanaman dapat mengurangi stres fisik dan mental karena tubuh cenderung lebih relaks bekerja di tempat yang berada di area taman.

Selain itu, udara segar yang akan tersaring oleh tanaman dapat membuat tubuh jadi lebih segar dan terhindar dari kecemasan.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Keuntungan lainnya memiliki taman kecil di rumah adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain karena pengaruh kualitas udara yang semakin bagus, taman mini di rumah juga menjadi sarana bagi Anda untuk kegiatan me time. Kegiatan senggang selepas beraktivitas ini sangat penting agar Anda tidak mengalami stres.

Bercocok tanam di taman kecil membuat Anda memiliki aktivitas berkebun yang bagus untuk kesehatan. Otomatis tubuh akan lebih mudah lelah sehingga tidur semakin berkualitas. Selain dapat melepas penat, bertanam juga bisa jadi ajang untuk lebih dekat dengan anggota keluarga.

  1. Menjadi lebih produktif

Untuk Anda yang sering merasa kurang produktif, membuat taman kecil dekat kamar tidur bisa jadi pilihan yang tepat. Melansir NBC News, tanaman di sekitar rumah dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas hingga 15%. Sirkulasi udara yang bagus dan pemandangan hijau dari tanaman membuat Anda tidak mudah bosan saat beraktivitas.

Selain itu, berdasarkan penelitian dirilis oleh Department of Plant and Environmental Sciences, Norwegian University of Life Sciences, menunjukkan jika ada hubungan tanaman di dalam ruangan dengan jumlah karyawan yang sakit. Dari hasil studi menunjukkan jika karyawan yang izin sakit jauh berkurang ketika bekerja di ruangan dengan tanaman.

  1. Membuat lebih bahagia

Menghadirkan taman kecil di samping kamar tidur juga bisa menjadi opsi untuk Andayang sering merasa cemas. Dikutip dari laman Ellison Chair in International Floriculture, menempatkan bunga di luar atau dalam ruangan bisa menurunkan kadar stres dan kecemasan.

Berdasarkan penelitian yang dirilis dalam Journal of Physiological Anthropology, tanaman dapat memberikan rasa nyaman, tenang, dan bahagia. Taman kecil di rumah dapat meningkatkan mood dan menghadirkan perasaan relaks karena melihat tumbuhan yang hijau dan cantik.

 

Tips Membuat Taman Kecil dan Apik di Rumah

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Sekarang !