Tips Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah Agar Tampak Apik dan Asri

Menjaga kebersihan pekarangan menjadi hal yang harus dilakukan karena menjadi cerminan dari suatu rumah. Akan tetapi, pekarangan yang luas dan memiliki beberapa tanaman atau peralatan lain pasti membuat malas bukan? Cara menjaga kebersihan pekarangan juga harus diperhatikan supaya pekarangan lebih terjaga keindahannya sehingga membuat suasana rumah menjadi lebih asri dan sejuk.

Andq bisa menerapkan 5 cara menjaga kebersihan pekarangan berikut supaya tidak menghabiskan lebih banyak waktu. Terlebih, ketika hanya memiliki waktu luang saat akhir pekan, tentu saja Anda harus memaksimalkan waktu luang Anda untuk beristirahat juga, bukan?

Jadi, yuk langsung simak saja dan segera terapkan agar pekarangan Anda lebih terjaga dan selalu tampak terawat!

  • Tata Tanaman dengan Rapi

Pekarangan menjadi tempat yang paling tepat untuk menanam tanaman, baik tanaman hias maupun tanaman obat atau bahkan sayur. Supaya lebih enak untuk dipandang, beri sekat pada setiap jenis tanaman.

Misal, jika Anda memiliki bebungaan cantik seperti mawar hingga bunga krisan, beri sekat di keduanya supaya lebih enak dipandang. Jangan satukan juga dengan jenis tanaman lain, terlebih yang memiliki batang besar dan tinggi, seperti halnya anggrek atau bahkan bunga matahari.

Jika Anda mencoba menanam tanaman obat seperti kunyit, kemcur, hingga jahe, tanamlah di pot-pot kecil dan tata dengan rapi di sudut khusus tanaman obat. Tanaman-tanaman sayur yang ingin Anda budidayakan juga sebaiknya ditempatkan di sudut yang berbeda. Hal ini akan mempermudah perawatan dan memperindah penglihatan.

  • Bersihkan Daun yang Berguguran

Dengan menanam tanaman pasti akan memiliki siklus di mana daun mati lalu berguguran. Daun-daun ini biasanya akan mengganggu kerapian pekarangan sehingga Anda harus rajin membersihkannya.

Membersihkan daun yang kuning dan berguguran tersebut menjadi salah satu cara menjaga kebersihan pekarangan yang paling rutin jika Anda menanam banyak tumbuhan. Namun, jangan bakar daun-daun mati tersebut ya. Sebab, Anda bisa menggunakannya sebagai kompos yang bisa membuat subur suatu tanaman dan tanah.

Anda bisa menggali sudut pekarangan untuk digunakan untuk membuang daun-daun ini. Timbun kembali daun tersebut agar membusuk dan akan membuat tanah lebih subur.

  • Selalu Semprot dengan Desinfektan

Hama, seperti ulat dan serangga lain biasanya akan mempengaruhi keutuhan tanaman sehingga tidak tumbuh dengan cantik. Anda bisa menyemprotkan desinfektan untuk menyingkirkannya.

Dengan mencegah ulat atau serangga lain dari tanaman yan Anda tanam akan membuat pekarangan terlihat lebih indah sebab tanaman lebih sehat. Jika Anda tidak memiliki waktu lebih, bisa sewa tukang kebun setiap sebulan sekali untuk membersihkan hama-hama yang mungkin saja menempel pada tanaman di pekarangan.

  • Bersihkan Selokan dengan Rutin

Membersihkan selokan menjadi salah satu cara menjaga kebersihan pekarangan agar terlihat lebih bersih dan terhindar dari bau yang tidak sedap. Daun-daun yang berguguran dari tanaman yang jatuh ke selokan bisa menghambat aliran air dan genangan tersebut bisa menimbulkan bau busuk.

Selalu cek selokan apakah salurannya lancar atau ada yang menghambat. Jangan sampai ada batu yang mengganggu aliran air di sana ya. Terlebih saat musim hujan harus lebih sering pengecekannya.

  • Rutin Mencabut Rumput Liar

Cara menjaga kebersihan pekarangan berikutnya adalah mencabut rumput liar. Rumput liar ini bisa mengganggu pertumbuhan tanaman hias yang ada di pekarangan karena mereka bisa menyerap nutrisi yang dibutuhkan tanaman lain.

Baca Juga: Cara Membuat Taman Kecil Apik dan Sederhana di Rumah

Itulah 5 cara menjaga kebersihan pekarangan yang bisa Anda lakukan supaya pekarangan tambah asri dan selalu terlihat rapi. Jika pekarangan terlihat indah, pasti tamu yang datang akan lebih terpesona. Terlebih lagi, pekarangan menjadi wajah pertama yang dinilai sebelum masuk ke dalam rumah.

 

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Sekarang !